Monday, June 18, 2012

Ternak Burung Lovebird Sukses

Ternak Burung Lovebird Sukses


Ternak Burung Lovebird Bisa Jadi Jutawan... (april 2011)

Tingginya minat penggemar burung berkicau terhadap burung jenis Lovebird mendorong seorang pemuda di Pati untuk mengembangbiakkan dari 12 pasang burung yang dibeli dua tahun kini telah menjual ratusan ekor burung tersebut.

Ruang besar di samping rumah Bang Gandung warga kelurahan Pati Kidul Kota Pati ini awalnya merupakan garasi kendaraan namun sejak dua tahun lalu pemiliknya telah menyulap ruang kosong ini mejadi tempat kandang burung Lovebird miliknya.

Ada satu kandang utama di dalam garasi ini yakni kandang berukuran tinggi dan lebar 2 meteran dikandang ini terdapat puluhan burung Lovebird dari ukuran anakan hingga pasangan dewasa.

Di dalam kandang masing-masing burung mencari pasangannya dan berkembang biak di dalam kotak pengeraman yang terletak di dalam kandang pemijahan di kandang ini disebut pemijahan alami.

Selain melakukan pemijahan alami Gandung juga mengembangbiakkan burungnya dengan pemijahan buatan yakni dengan mengawinkan sepasang burung yang sudah matang kelamin.

Caranya burung diambil dari kandang besar dan diperiksa jenis kelaminnya setelah memastikan kedua burung  dari jenis kelamin berbeda dan telah matang kelamin kedua burung dimasukkan dalam kandang kecil untuk pemijahan.

Dalam beberapa hari sepasang burung ini akan kawin dan menghasilkan telur selanjutnya beberapa minggu kemudian telur menetas dan mengeluarkan anakan baru.

Gandung mengaku pertama kali hanya memiliki 12 pasang atau 24 ekor burung Lovebird kini setelah berjalan dua tahun dia telah memiliki ratusan ekor burung.


Dengan dukungan beberapa instansi seperti Kadin Kabupaten Pati yang memberikan pelatihan manajemen perusahaan dan pemasaran Gandung kini sukses menjual burungnya ke luar daerah seperti Solo, Yogyakarta, Semarang hingga ke Surabaya.

Kini berkat ketekunan dan kerja keras usahanya Gandung telah menikmati hasil usahanya rencananya dalam dua tahun ke depan dia akan memperlebar sayap pemasarannya hingga ke luar Jawa bahkan luar Negeri.

Sumber : www.radioharbosfm.com