Monday, June 18, 2012

Lovebird Madagascar

Lovebird Madagascar

Lovebird Madagascar


Daripada Wikipedia, ensiklopedia bebas.

Lovebird Kepala Abu-abu atau Lovebird Madagascar (Agapornis cana) adalah satu spesies burung Bayan kecil dari genus Lovebird. Lovebird Madagascar termasuk salah satu dari 9 Jenis Lovebird. Secara umumnya ia berwarna hijau. Spesies ini adalah sejenis dimorfisme seks dan hanya burung jantan dewasa yang mempunyai bulu berwarna kelabu di bahagian badan sebelah atas. Burung Cinta Kepala Kelabu berasal dari pulau Madagascar dan satu-satunya burung Cinta yang bukan berasal dari benua Afrika. Ia juga merupakan spesies burung Cinta terkecil. Ia jarang dilihat di dalam perternakan burung dan sukar untuk dibiakkan di dalam kurungan.

Deskripsi

Lovebird Kepala Abu-abu adalah salah satu spesies terkecil dari genus Lovebird, ukuran 13 cm (5 inci) panjang dan berat sekitar 30-36 gram. Paruhnya dan kaki berwarna abu-abu pucat. Spesies ini dimorfik seksual : betina dewasa adalah sepenuhnya hijau, dengan punggung hijau tua dan sayap, sebuah pantat hijau terang, dan dada pucat hijau; laki-laki dewasa sama-sama berwarna, kecuali bahwa seluruh kepala dan dada bagian atas adalah pucat abu-abu.

Tingkah Laku
Lovebirds Kepala Abu-abu adalah penerbang yang kuat, dan ketika terbuka, sayap mereka tampak lebih besar dalam hubungannya dengan tubuh mereka dibandingkan dengan Lovebird Muka Salem . Mereka dapat mengembangkan kecepatan yang baik cukup cepat dan mudah, dan putar dengan lancar, meskipun mereka tidak gesit di udara seperti Lovebirds Muka Salem. 


Peternakan 
Lovebirds Kepala Abu-abu pertama kali diimpor untuk peternakan burung Eropa pada setengah abad kesembilan belas. Ketika impor diijinkan dan mereka tersedia untuk peternakan burung dalam jumlah besar, sedikit usaha dimasukkan ke dalam penangkaran. Mereka lebih suka berkembang biak di musim gugur, dan karena mereka memiliki toleransi kurang untuk pembibitan pada cuaca dingin di peternakan burung, umumnya tidak berhasil. Mereka cenderung gugup dan mudah ketakutan di kandang burung yang besar.

Hal ini sangat langka di penangkaran, dengan jumlah peternak yang sedikit telah berhasil diproduksi lebih dari satu atau dua generasi. Ini, dan fakta bahwa bahkan handfeeding pada burung tetap terlalu pemalu dan gugup untuk membuat hewan peliharaan menjadi jinak, adalah alasan yang jelas untuk setiap Lovebird Madagascars tangkaran diberi kesempatan untuk berkembang biak, bukannya disimpan sebagai hewan peliharaan.

Lovebirds Kepala Abu-abu lebih memilih finch dan biji canary atas bunga matahari safflower / campuran yang paling disukai untuk makanan Lovebird.