Monday, June 18, 2012

Lovebird Lutino

Lovebird Lutino


LOVEBIRD LUTINO
 
 

Lovebird lutino Muka Salem (Agapornis roseicollis) adalah salah satu mutasi yang paling populer dari Lovebird Muka Salem dan ini diikuti oleh Dutch Blue Lovebird dalam popularitasnya.

 File:Agapornis roseicollis -mutation -in cage with toys.jpg

Jenis lovebird yang banyak dijual di pasar burung di Indonesia adalah lovebird ‘mukasalem’, lovebird kacamata ‘fischer’, lovebird kacamata ‘topeng’, dan lovebird hasil mutasi. Ketiga jenis lovebird tersebut dapat mudah dikembangbiakkan untuk menghasilkan lovebird warna mutasi. Di antara ketiga jenis lovebird komersial tersebut, lovebird ‘muka salem’ dapat menghasilkan banyak warna mutasi, seperti lutino (kuning, mata merah), golden cherry (kuning), cinnamon(cokelat kekuningan), biru pastel, pied (bercak warna), dan albino (putih, mata merah). Warna mutasi dari lovebird kacamata ‘topeng’ yang terkenal adalah biru.

Untuk memperoleh bentuk lutino dari lovebird ‘muka salem’ dapat dilihat pada Tabel 1. Gen dominan untuk warna hijau normal menggunakan simbol G.

http://lovebirdku.files.wordpress.com/2011/03/program-persilangan-muka-salem-untuk-memperoleh-lutino.jpg

Dengan demikian, pejantan warna hijau normal memiliki genotip GG, betina hijau normal adalah G-, jantan lutino adalah gg, jantan hijau normal atau pembawa sifat lutino adalah Gg, dan betina lutino adalah g-.

 

Sumber: Lovebird oleh Siti Nuramaliati Prijono