Monday, June 18, 2012

Lovebird Kaca Mata Topeng

Lovebird Kaca Mata Topeng


Lovebird Kaca Mata Topeng 
/ Agapornis Personata
 
File:Agapornis personatus -Serengeti, Tanzania-8.jpg

Lovebird berkerah kuning (Agapornis personatus), juga disebut Masked Lovebird atau Lovebird Kaca Mata Topeng, adalah spesies monotypic burung dari genus Lovebird dalam keluarga burung beo Psittaculidae. Mereka berasal dari timur laut Tanzania, dan mereka telah diperkenalkan di Burundi dan Kenya.

DESKRIPSI

Lovebird Kaca Mata Topeng adalah burung beo kecil dengan warna utama hijau, panjang sekitar 14,5 cm (5,5 inchi). Bagian atasnya adalah berwarna hijau lebih gelap dari permukaan yang lebih rendah. Warna Kepala adalah hitam, dan memiliki paruh merah cerah dan cincin lingkar mata putih. Warna Kuning pada payudara sampai dengan kerah kuning dan perluasan kuning di atas tengkuk. Lovebird Kaca Mata TopengJantan  dan betina memiliki penampilan luar yang identik sama.

File:Masked Lovebird (Agapornis personata) -Auckland Zoo.jpg

PERKEMBANGBIAKAN

Lovebird
Kaca Mata Topeng membawa bahan sarang di dalam paruhnya dibawa ke rongga pohon untuk sarangmereka. Telur-telur berwarna putih dan biasanya ada 4-5 di sarang. Betina mengerami telur selama sekitar 23 hari dan anak Lovebird meninggalkan sarang sekitar 42 hari setelah menetas.

DIET

Diet Lovebird Kaca Mata Topeng ini terutama terdiri dari biji dan buah contohnya seperti millet.

PETERNAKAN

Mutasi biru pada awalnya ditemukan pada burung liar pada tahun 1920 dan merupakan mutasi warna tertua yang dikenal dalam genus Lovebird. Mutasi lain adalah hasil dari penangkaran selektif dalam Penangkaran, seperti dua cobalts yang akan menjadi ungu muda (hitam). Mutasi warna ada berbagai macam, termasuk biru, kobalt, ungu muda, batu tulis, ungu, lutino (ino) dan albino. Dua yang terakhir adalah mutasi gen di mana beberapa warna tidak bisa diteruskan dari generasi sebelumnya. Dalam kasus lutino gen warna hijau tidak diteruskan. Dalam kasus albino, tidak ada gen warna diteruskan. Mutasi albino adalah mutasi warna terbaru.

Lovebirds kaca mata cincin Putih / Lovebird kacamata adalah bagian dari Lovebird Kaca mata topeng hitam, dikenal juga lebih agresif dibandingkan dengan Lovebird Muka Salem.

 File:Agapornis Personata Cobalt.jpg

PENANGKARAN

Lovebird
Kaca Mata Topeng adalah salah satu beo lebih umum disimpan di penangkaran, karena ukurannya yang kecil dan kemudahan perawatan dan penangkaran. Burung-burung disimpan sendiri atau berpasangan, meskipun mereka sering agresif, dan cenderung ikatan terhadap satu individu, baik itu manusia atau burung, dan mungkin tidak bergaul baik dengan orang lain atau hewan peliharaan.

 Sumber : Wikipedia