Thursday, October 25, 2012

Tips Ternak Lovebird Untuk Pemula - Bag 3

Tips Ternak Lovebird Untuk Pemula - Bag 3



Bagian III: Peraturan


Setiap kali saya menemukan sesuatu yang baru dengan burung saya, apakah itu
ada masalah, pertanyaan, atausesuatu yang menarik dan tak terduga, saya memiliki dua aturan untuk saya sendiri bahwa aku harus selalu berusaha untuk mengikutinya.

1.    Peduli terhadap Lovebird anda
2.    Percaya Diri terhadap apa yang anda lakukan
 
Sekilas, aturan ini tampaknya sederhana dan jelas, namun, saya terkejut ketika melihat betapa sering saya menemui kegagalan untuk mengikuti aturan tersebut. Hampir setiap saat saya punya masalah serius di Penangkaran saya, saya bisa melihat kembali apa yang terjadi dan melihat di mana saya telah gagal untuk mengikuti salah satu atau kedua dari dua aturan tersebut.

1.    Peduli terhadap Lovebird anda
Seperti Yogi Berra pernah berkata: "Anda dapat mengamati banyak hanya dengan melihat." Luangkan waktu untuk benar-benar melihat burung Anda berinteraksi satu sama lain. Saya tidak berbicara tentang memeriksa mereka ketika Anda mengubah makanan dan air. Sebenarnya duduk dari beberapa sudut pandang mencolok dan melihat perilaku burung Anda '. Mengingat sedikit waktu, burung-burung pada akhirnya akan mulai mengabaikan Anda, dan mulai berinteraksi satu sama lain, dan kemungkinan bahwa Anda akan belajar banyak tentang apa yang dilakukan burung Lovebird, apakah Lovebird Anda bergaul dengan satu sama lain, dan jenis lainya pada peliharaan burung Anda.

Tetapi bahkan dalam rutinitas sehari-hari Anda, Anda perlu memperhatikan detail. Apakah tempat pakan burung pada satu kandang selalu benar-benar kosong ketika Anda check? Kemungkinan besar bahwa burung anda membuang keluar semua makanan yang ada di dalam tempat pakan untuk membuat tempat bersarang untuk burung tersebut. Aku sudah tidak punya banyak burung yang bertelur di tempat pakan, karena hanya burung yang benar-benar ulet akan merasa nyaman bertelur di sana, tapi itu sangat mungkin untuk lovebird menjadi kelaparan karena telah melemparkan keluar semua pakan sehingga tidak adamakanan untuk di makan. Menambahkan tempat pakan kedua, dengna ukuran lebih kecil bagi lovebird untuk masuk ke dalam, dapat membantu mencegah tragedi semacam itu.

Ini hanyalah salah satu contoh dari semacam hal kecil yang dapat Anda perhatikan "hanya dengan melihat." Masih banyak contoh-contoh lain, tapi tidak mungkin bagi saya untuk mendata itu semua, dan tidak berguna bagi saya untuk mencoba. Intinya adalah bahwa jika Anda meluangkan waktu untuk mengamati burung Lovebird Anda sendiri, Anda dapat belajar lebih banyak dari burung Lovebird anda, diluar  dari yang Anda dapat dari situs ini atau buku tentang Lovebird.

2.    Percaya Diri terhadap apa yang anda lakukan
Ini adalah aturan yang sulit untuk diikuti, terutama ketika Anda tidak percaya diri dalam pengetahuan Anda sendiriatau kemampuan yang anda miliki. Namun, itu benar-benar penting bahwa seharusnya Anda mengikuti hal itu. Ingat bahwa setiap Lovebird adalahseorang individu, dan tidak ada yang tahu burung Anda lebih baik daripada yang Anda lakukan. Ini tidak berarti Anda tidak harus mencari nasihat dari buku, dokter hewan, peternakatau yang lebih berpengalaman, tapi itu tidak berarti bahwa Anda harus berhati-hati dalam mempertimbangkan apa saran yang tepat untuk Andadan burung Lovebird Anda, dan apa saran yang tidak baik. Ini adalah fakta yang menyedihkan bahwa ada saranyang kelihatanya buruk tapi justru baik terhadap burung Lovebird anda. Hanya karena sebuah buku atau peternak lain telah mengatakan sesuatu, bukan berartihal itu benar untuk burung Anda. Jika Anda menemukan suatu pertanyaan dan ada orang yang memberi anda saran,maka perlu upayalebih lanjutapakah itu baik untuk anda. Jika ternyata tampaknyamasih tidak tepat untuk Anda, mungkin tidak tepat juga untuk burung Lovebird anda.

Membaca dan belajar dari setiap buku yang Anda ketahui, tetapi selalu ingat bahwa apa yang Anda pelajari dari burung Lovebird anda sendiri adalah lebih penting daripada apa yang Anda pelajari dari sumber lain.

 Artikel Sumber : africanlovebirdsociety.com (yang telah diterjemahkan)