Saturday, October 27, 2012

Tenggeran Burung

Tenggeran Burung

 http://jualmuraibatu.files.wordpress.com/2010/09/tenggeran-murai-batu.jpg http://kicauan.files.wordpress.com/2010/06/tenggeran-beramplas.gif 

Tenggeran burung memang terlihat seperti barang yang tak berguna bagi para pemelihara burung , mungkin juga karena hanya dianggap sebatang kayu yang sederhana . Dari sebatang kayu tersebutlah burung - burung ( terutama burung kicau ) mampu menghasilkan suara yang bisa dibilang '' wah '' .

Tenggeran burung ini seperti halnya kursi jika burung kita samakan dengan manusia . Manusia membutuhkan tempat untuk beristirahat dengan bisa duduk di kursi , sedangkan burung dapat beristirahat dengan bertengger di tenggeran yang telah kita sediakan .

Memang , peran  tenggeran bagi penghobi burung tak dapat dipisahkan ( selain kandang , tempat makan & minum ) dari hobinya , yaitu memelihara burung . Tenggeran yang tersedia di pasaran terdiri dari tenggeran yang berasal dari batang kayu ( seperti kayu pohon mangga ) dan juga berasal dari tenggeran kayu yang beramplas .


http://jualmuraibatu.files.wordpress.com/2010/09/tenggeran-murai-batu.jpg 
( tenggeran kayu )

Biasa digunakan untuk fungsi standar , yaitu hanya memelihara burung tetapi mungkin untuk alasan - alasan umum saja .

http://kicauan.files.wordpress.com/2010/06/tenggeran-beramplas.gif 

Seiring dengan berkembangnya beragam bentuk dari tenggeran burung , maka dibuatlah tenggeran burung yang bermanfaat . Tak hanya sebagai tempat bertenggernya burung saja , tetapi juga terdapat 3 fungsi lainnya , yaitu 
  1.  Bisa sebagai pembersih paruh burung ketika terdapat sisa-sisa pakan burung agar ukuran paruh atas dan bawah sama
  2.  Menjaga agar kuku burung tidak terlalu tajam serta tidak terlalu panjang 
  3. Amplas yang terdapat pada tenggeran tidak akan melukai kaki si burung sendiri .
Informasi diatas semoga bermanfaat bagi kita semua dalam memelihara burung kesayangan kita .