Tuesday, October 30, 2012

Pasar Kliwonan

Pasar Kliwonan



Klaten juga memiliki pasar burung yang tak kalah menariknya dengan pasar - pasar burung di kota - kota lain di Indonesia , khususnya di Provinsi Jawa Tengah . Pasar burung yang ada di Klaten slah satunya adalah pasar kliwonan . Berikut saya akan berikan sedikit informasi tentang Pasar Kliwonan Tersebut .


Pasar Kliwonan , ya pasar kliwonan . Itulah salah satu pasar burung yang ada di Klaten . Sebenarnya apabila dikatakan pasar juga bukan kriteria pasar burung , karena hanya berada di pinggiran Jalan Veteran , Klaten . Atau lebih familiar dekat dengan PMI cab Klaten .

Pasar ini disebut pasar kliwonan karena hanya ada di pasaran hari pada tanggalan jawa-red yaitu pasaran kliwon . Tak tahu mengapa pemilihan hari kliwon tersebut , kata seorang pedagang burung ketika saya temui selasa ( 23 Oktober 2012 ) " Kami hanya mengikuti apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kami , kami hanya ikut sja agar tak kena dampaknya . " , katanya setelah saya tanya lebih jauh .

Disana terdapat berbagai macam burung yang diperjual - belikan , antara lain burung pleci , burung kenari , burung mantenan ,burung cendet / pentet , dan juga tak jarang dapat kita temui jenis burung murai batu yang harganya waah .

Memang , harga di pasar kliwonan relatif murah , tapi kita juga masih bisa bernego tentang masalah harga dengan bersahabat dengan para pedagang disana . So . . .  Tertatik untuk mengunjungu Pasar Kliwonan di kota saya ? Saya tunggu bkehadirannya .