Friday, October 12, 2012

Cikalang Elok ( Fregata magnificens )

Cikalang Elok ( Fregata magnificens )


Cikalang Elok ( Fregata magnificens ) adalah spesies burung cikalang yang dikenal sebagai burung perompak. Dikarenakan mereka suka menyerang dan makanan burung lain seperti jenis burung cikalang lainnya.F. magnificens mempunyai sayap yang panjang. Yang jantan, ekor dan paruh mereka juga panjang, adapun burung ini mempunyai kantong leher yang berwarna merah.

Untuk menarik pasangan, kantong ini digembungkan.Betina memiliki kantong leher dan leher bagian bawah juga berwarna hitam dan dada mereka berwarna putih. Ukuran sayap fregat ini adalah lebar 2,5 m dan 1 m.
Burung laut ini secara luas tersebar di sepanjang wilayah Atlantik tropis. 

Mereka memiliki koloni berkembang biak di pohon-pohon di Karibia, Florida serta di Kepulauan Tanjung Verde. Ini merupakan burung laut yang berkembang biak sepanjang pantai Pasifik Amerika dari Meksiko kemudian ke Ekuador yang juga termasuk Kepulauan Galapagos.




F. magnificens memakan ikan kecil, cumi-cumi, ubur-ubur, dan krustasea. Mereka juga dapat makan kura-kura kecil yang masih muda.Mereka menyerang tern, boobie, camar dan gannet sampai mereka memuntahkan makanannya. Adapun ketika burung lain sudah didapatinya, burung itu langsung diguncang-guncangkan hingga burung itu memuntahkan makanannya.

Di awal musim kawin, burung jantan akan menggembukan kantong lehernya di sarang milik jantan. Dan juga menepukkan paruhnya dengan ramai. F. magnificens membentuk pasangan monogami setiap musim kawin sekali perempuan memiliki pasangan yang dipilih.


 Namun, mereka jarang mempertahankan pasangan yang sama dari musim ke musim. F. magnificens bertelur 2 kali setahun dan Sarangnya terdiri atas kumpulan ranting kayu dan rumput. Bisa diletakkan di pohon, semak, atau di atas tanah. Telur F. magnificens dierami 50 hari