Friday, February 22, 2013

Breeding Love Bird Peluang Usaha Bagi Penghobi Burung Kicau

Breeding Love Bird Peluang Usaha Bagi Penghobi Burung Kicau

Sebagai Solusi Menambah Penghasilan 
Bagi Penghobi Burung Kicau

Breeding Love Bird ( Agapornis )

Tips untuk breeder love bird pemula, biasanya kendala breeder pemula adalah membedakan jenis kelamin burung, dan burung ini termasuk burung yang tidak mau di jodohkan paksa, oleh karena itu tips nya adalah dengan cara perkawinan massal. Jadi awalnya campurkan burung dalam satu kandang, maka mereka akan terlihat mencari pasangan sendiri dan akhirnya pasangan yang cocok akan sering bersama. Lantas setelah kelihatan berpasangan, ambil pasangan tersebut dan taruh dalam kandang perkawinan dengan ukuran panjang 150 cm dan lebar dan tinggi 100 cm, kandang dilengkapi sarang tempat bertelur bisa dibuat dengan papan ukuran panjang 20 -25 cm, lebar 20 -25 cm, tinggi 15-20 cm, bahan sarang di pilih yg halus seperti daun pinus dan jerami. Agar aman dari tikus, kandang di buat dari kawat strimin dan jangan lupa kandang perkawinan harus diletakan di tempat yg tenang.

Perkawinan Love Bird

Love bird siap kawin adalah yang berusia 8 bulan, telur love bird menetas tidak serempak, jadi satu persatu dengan selang waktu sekitar 2 hari. Penetasan berlaku 21 hari sejak telur di erami, bila sudah berusia 2 minggu anakan harus segera disapih dan sebulan kemudian indukan siap di kawinkan lagi .

Kebutuhan Pakan Untuk Ternak Love Bird
Untuk menjaga kualitas indukan maka pemenuhan gizi harus diperhatikan, bisa dengan pemberian jagung muda. Setiap hari seekor indukan mampu menghabiskan 2 tongkol jagung muda, pakan lain berupa campuran milet putih, milet merah, gabah, kenari seed dan kuaci dengan perbandingan  2 : 1 : 1 : 1 : 0,5.

Penanganan Anakan Love Bird
Anakan yang sudah disapih di pelihara dalam kandang pembesaran berukuran tinggi 40 cm , panjang dan lebar 30 cm. Agar suhu tetap hangat kandang harus dilengkapi lampu. Pakan untuk bayi love bird adalah bubur bayi dengan milet putih 2kg, milet merah 2 kg, gabah 1 kg, kenari seed 1 kg , dan kuaci 1 ons . Bahanâ€"bahan ini di blender sampai halus ketika masih kering. Kemudian di encerkan dengan air sehingga menjadi pasta . Anakan love bird di suapi tiap 2 jam sekali dengan sendok kecil. Ketikan anakan sudah berumur satu bulan, penyuapan hanya dilakukan 1 kali sehari .

Pemasangan ring bisa dilakukan pada saat anakan berumur tidak lebih dari 10 hari. 
Berikut adalah ilustrasi cara pemasangan ring :
Pemasteran
Love bird termasuk burung yang cerdas dan gampang menirukan suara burung jenis lain. Selama ini love bird lebih banyak digunakan sebagai master terutama love bird yang memiliki trecetan kasar dan panjang-panjang. Untuk mencari love bird seperti ini bukanlah hal yang mudah jika ada, tentu harganya sudah melambung tinggi. Untuk menyiasati hal tersebut, kita bisa melakukan pemasteran semenjak love bird berusia kurang dari 1 bulan. Walaupun trecetan suara love bird dalam membawakan lagu lebih banyak ditentukan dari faktor genetik, upaya berikut masih bisa dilakukan untuk mendongkrak performanya. Master yang cocok untuk love bird adalah Kenari, Blackthroat dan Sanger karena ketiga jenis burung ini diyakini memiliki nada suara yang paling mendekati love bird. Dengan ketiga jenis burung ini diharapkan love bird akan membawakan lagunya dengan durasi yang panjang dan speed yang rapat.

 Kendala Dalam Breeding Love Bird

Kendala yang dihadapi dalam breeding love bird ini adalah serangan tikus , dan kematian anakan di usia kurang dari satu bulan . Tips penanganan kendala , untuk tikus kandang dibuat dari kawat srimin dan sering di kontrol . Untuk kematian di bawah satu bulan dengan cara penyapihan dan pemberian pakan yang rutin . Tiap 2 bulan sekali di semprotkan disinfektan ke seluruh bagian kandang. 
Kendala lainnya adalah :

Tidak Mau Jodoh
Sering kita merasa kesal karena indukan yang ingin kita jodohkan ternyata tidak mau bersatu. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, antara lain : keduanya berjenis kelamin sama, belum memasuki masa birahi, situasi atau lingkungan yang kurang mendukung.

Telur Tidak Menetas
Telur tidak menetas bisa disebabkan oleh beberpa hal antara lain : Indukan yang mandul, kurang nutirisi, telur tidak dierami indukan, infeksi bakteri, dan lain-lain. Sering dijumpai dalam satu tetasan, ada 1 atau 2 telur yang tidak menetas. Ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu di khawatirkan. Biasanya telur yang tidak menetas itu adalah telur yang terakhir. Menurut literature yang saya baca, bahkan di alam sekalipun, tidak semua telur bisa menetas.

Cacat Kaki.
Sering kita jumpai anakan love bird yang kakinya tidak bisa berdiri dan mencengkeram dengan sempurna serta cenderung miring ke samping, hal ini disebabkan karena bahan sarang yang ada didalam sangkar kurang mencukupi sehingga love bird tidak mempunyai dasar berpijak yang tidak licin. Kebanyakan kasus ini dijumpai pada glodok yang beralaskan papan triplek. Hindarilah menggunakan bahan ini dan gunakan papan yang belum diserut sebagai bahan dasar glodok.

Penentuan Harga Love Bird
Harga jual anakan love bird di tentukan oleh warna baik warna bulu atau warna mata dan tiap daerah memiliki standart harga yang berbeda, Love bird siap jual ketika berumur minimal 40 Hari.

Related Posts :
- Merawat Cucak Jenggot Agar Tetap Bugar
- Tips Merawat Kenari F1 Calon Jawara
- Extrafooding Untuk Burung Lomba
- Teknik Sukses Breeding kenari
- Tips Memilih Kacer Bakalan Yang Bagus Dan Cara Perawatannya 
- Tips Memilih Cendet Bakalan Yang Bagus Dan Cara Perawatannya
- Burung Murai Batu (White Rumped Shama
- Cucak Jenggot Burung Master Sepanjang Masa
- Love Bird Burung Master Sepanjang Masa

Thank's, Mas Isom, Sidayu BC Gresik.