Friday, January 20, 2012

Gambar beberapa Jenis Perenjak dan Ciblek

Berikut ini adalah gambar beberapa jenis burung perenjak dan ciblek yang ada di seluruh wilayah Asia khususnya Indonesia an beberapa negara tetangga;

cisticolae xilis




 cisticola juncidis jantan
Merupakan burung penyanyi di genus Cisticola. Spesies ini sebelumnya dikenal sebagai Fan-tailed Warbler, tetapi saat ini dimasukkan dalam Cisticola spesies tropis.

Jenis Memiliki jangkauan sangat luas sampai selatan Eropa, Afrika, Asia selatan dan utara Australia, Kolkata, West Bengal, India.



 Megalurus palustristoklao
Megalurus adalah genus pernah ditempatkan dalam kategori burung penyanyi "wastebin" keluarga Sylviidae . Genus ini terdiri dari enam spesies juga dikenal sebagai jenis grassbirds. daerah penyebarannya dari utara Cina dan Jepang, ke India barat, dan Australia selatan, dengan sebagian besar spesies besar terletak di daerah tropis. Genus ini juga kadang-kadang dianggap termasuk genus Bowdleria, banyak terdapat di Selandia Baru. Spesies yang paling banyak adalah Tawny Grassbird, terdapat di Filipina sampai selatan New South Wales, sedangkan yang habitatnya di sekitar Sungai dan rawa adalah Fly Grassbird jenis ini banyak terdapat bagian selatan papua nugini. Spesies lainnya yaitu Marsh Grassbird sering berpindah-pindah, bergerak dari utara Cina, Jepang dan Siberia selatan ke selatan Jepang dan Cina tengah; spesies lain yang tak berpindah-pindah.


 megalurus timoriensis crex


orthotomus atrogularis

 orthotomus castaneiceps
Merupakan jenis burung penyanyi keluarga Sylviidae . jenis ini hanya ditemukan di Filipina.
Dengan habitat alamnya di daerah subtropis atau hutan tropis basah dataran rendah tropis dan subtropis atau hutan mangrove.




 orthotomus derbianus

orthotomus ruficepscineraceus betina

  orthotomus ruficepscineraceus jantan

orthotomus samarensis


orthotomus sericeus

orthotomus sutorius , perenjak kepala merah

orthotomus sutorius guzuratus

 prinia rufescent extrema

prinia familiaris
Jenis ini biasa dikenal dengan nama ciblek kebun, dan paling mudah didapat,
Burung kecil ramping, dengan panjang total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 13 cm. Hampir seluruh sisi atas badan berwarna coklat hijau-zaitun. Tenggorokan dan dada putih, perut dan pantat kekuningan. Sisi dada dan paha keabu-abuan. Ciri khas: sayap dengan dua garis putih, serta ekor panjang dengan ujung berwarna hitam dan putih.

 prinia atrogularis erythropleura

 prinia buchanani


 prinia burnesii
Jenis ini banyak ditemui di India, pakistan dan bangladesh. dengan habitat di rerumputan ilalang. Rufous-vented Prinias ini merupakan jenis keluarga prina yang bertubuh besar dengan panjang sekitar ge 17 cm dengan panjang bentang sayap untuk betina 5.3 cm dan jantan 5.5 cm-5.9 cm. panjang ekornya mencapai 8-12 cm.
Ciri jantan ada pada warna coklat pada mahkotanya. Musim ganti bulu/moulting jatuh pada bulan July sampai September.

 prinia cinereocapilla
Merupakan jenis burung yang bisa ditemui di Bhutan, India, dan Nepal. Dengan habitat alam yang subtropis kering atau hutan tropis, subtropis atau tropis basah, dataran tropis rendah rumput kering, atau subtropis,. Jenis ini terancam dengan kategori VU (Vulnerable).

 prinia crinigera

 prinia flaviventrisrafflesi
Spesies yang ini dapat ditemui di Brunei, Cambodia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapore, Taiwan, Thailand, and Vietnam.

prinia gracilis
Jenis ini banyak ditemukan di timur laut afrika, mesir,somalia, dan india utara.
Habitatnya di padang ilalang/rumput liar dan membuat sarangnya di di ilalang/rumput liar juga dan bertelur sebanyak 3-5 butir.
Ukuran burung ini lebih kecil dari yang lain/ seukuran prenjak yaitu 10-11 cm. dan jenis inipun ada 12 sub spesies. Jantan biasanya mempunyai ekor yang lebih panjang dengan kombinasi warna bulu yang lebih tajam, terutama pada musik kawin.

prinia hodgsonii
Grey-breasted Prinia, Prinia hodgsonii, ini mempunyai daerah sebaran di daerah india, Sri Lanka dan asia tenggara, habitatnya di pepohonan, hutan, dan padang rumput, dan pada musim kawin bertelur 3-4 butir dan bersarang di rerumputan, ukuran tubuhnya adalah 11-13 cm dengan bentang sayap yang pendek dan ekor yang cukup panjang
Jenis ini juga pemakan serangga dengan tipe suara: perulangan chiwee-chiwee-chiwee-....


 prinia inornata
Untuk jenis ini mempunyai ukuran 13-14 cm, dan daerah penyebarannya lebih luas mulai dari pakistan, India, Cina, dan asia tenggara termasuk indonesia.
habitatnya di daerah padang rumput, semak, dan kebun. lagu yang biasa kita dengar adalah :tlee-tlee-tlee.

prinia polychroacooki

 prinia rufescens
Untuk spesies yang ini biasa ditemui di daerah Bangladesh, Bhutan, Cambodia, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, and Vietnam. dan habitat alamnya dalah di lingkungan subtropis dan hutan subtropis kering.

prinia socialisbrevicauda
Jenis ini mempunyai ukuran yang relatif sama dengan kerabatnya yaitu 13-14 cm dan mempunyai ekor agak panjang.Ciri jantan dewasa adalah warna bulu abu-abu tua kehitaman dengan mahkota
Burung ini biasa ditemukan di padang rumput, semak dan kebun/ taman sekitar rumah . suara/lagunya berulang-ulang : tchup , tchup , tchup atau zeet-zeet-zeet .
Burung jenis ini banyak ditemui di daerah barat Bengal, India, srilanka
Burng ini membikin sarang di semak/tumbuhan perdu/rumput ilalang, dengan jumlah telur 3-5 butir, dengan ukuran panjang telur 1,5-2 cm.Masa kawin burung ini bisa sepanjang tahun, tergantung iklim pada habitatnya, misalnya di daerah India utara sekitar bulan juni-sept, di Srilanka des-mar, di Nigrilis mei-jun
Burung ini termasuk spesies penganut monogami, dan pasangan jantan dan betina mengerami telurnya dan mencari makan untuk anaknya bergantian. Telur akan menetas setelah dierami selama 12 hari.

prinia sylvatica
Burung ini dikenal juga dengan ciblek hutan. Jenis ini endemik India dan srilanka. dan suara yang biasa kita dengar pit-pretty, pit-pretty, pit-pretty. ukuran jenis ini sedikit lebih bongsor dari yang lain, yaitu 15cm.