Thursday, November 8, 2012

Harpi

Harpi

 http://3.bp.blogspot.com/-ewlJmjXkHO0/TnlEjLDzolI/AAAAAAAAAzo/ZDdR5hdlFLw/s1600/Lyle_Harpi_FullBody_1a.jpg

Dalam mitologi Yunani, Harpi ( si perenggut ) adalah makhluk legenda yang bersayap , dilukiskan sebagai makhluk berwujud setengah wanita setengah burung yang cantik. Harpi terkenal sebagai si perenggut dalam kisah raja Fineas.Para Harpi adalah saudara dari Iris, putri dari Tifon dan Ekhidna. Ada dua Harpy, yaitu Aillo dan Okipites. Walaupun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa ada Harpi ketiga.


Fineas, raja dari Trakhia punya bakat meramal. Dewa Zeus marah karena Fineas membocorkan rahasia terlalu banyak. Akhirnya dia dihukum, diasingkan di sebuah pulau dimana terdapat lemari penuh dengan makanan yang belum pernah dimakannya. Para Harpi selalu datang dan menyambar makanan dari tangan sang raja sebelum ia berhasil memakannya dan mengotori bekas-bekas makanannya. Peristiwa ini terjadi berulang-ulang sampai akhirnya Iason dan para Argonaut datang.

Boreads, putera Boreas Sang angin utara yang juga bisa terbang, berhasil menghalau jauh-jauh para Harpi namun tidak membunuh mereka, sesuai permohonan Iris, yang berjanji bahwa Fineas tidak akan diganggu lagi. Sebagai balasan atas pertolongan mereka, Fineas memberitahu para Argonaut bagaimana cara melewati Symplegades (Argonautica, book II; Ovid XIII, 710; Virgil III, 211, 245). - wikipedia