Sunday, September 9, 2012

Cara Berternak Burung Kenari Juara

Cara Berternak Burung Kenari Juara


Breeding Kenari | Cara Berternak Burung Kenari Juara - Kicau Mania Berikut ini akan kami bagikan cara berternak burung kenari juara atau istilah kerennya adalah breeding kenari. Burung kenari burung yang mungil dengan warna yang beraneka ragam yang menggambarkan kecantikan dari warna bulunya yang lembut yang mampu menyanyikan lagu lagu kenari dan beberapa burung yang biasa di dekatnya. dengan tembakan tembakannya yang beruntun dan melengking serta panjang panjang menjadikan burung kenari anda akan menjadi juara di kontes.

Sudah banyak teman teman yang sharing tentang cara berternak burung kenari namun tak bosan pula kami disini ingin berbag tips untuk anda penghobi burung berkicau. Selain tips cara berternak kenari ini, lihat juga cara perawatan burung berkicau juara kontes dan latber, atau cara menjinakkan burung liar.

Cara berternak burung kenari :

  • Jika anda telah memiliki seekor burung kenari jantan yang sudah siap kawin kira kira usia diatas 1 tahun dengan suara yang lantang, volume keras, tembakan panjang panjang maka bisa dijadikan bapak untuk kenari ternakan anda.

  • Untuk indukan atau calon betina pilih juga yang sudah birahi baik yang sudah pernah kawin atau belum itu tidak jadi masalah.

  • Pilih warna yang memiliki daya pikat tingi di pasaran yaitu warna yang polos, orange, kuning, atau putih. boleh juga warna campuran seperti starblue, atau romeo namun dewasa ini peminat burung lebih menyukai burung dengan satu warna terutama orange. ada juga warna merah namun masih susah untuk di ternakkan di Indonesia, yang ditemui dipasar kupang surabaya dengan harga 1,2 juta itu adalah burung import.

  • Jika sudah memiliki burung yang siap kawin, untuk mencobanya adalah dengan mendekatkan kedua burung tersebut pada sangkar yang berbeda. Saat mendengar kenari jantan berkicau Bila betina telah mengepakkan sayapnya dan ekor diangkat seakan minta di kawin, itu menandakan betina tengah birahi. Kemudian ambil jantan dan masukkan dalam satu sangkar burung betina. amati apakah kedua burung tersebut benar benar mau kawin.

  • Bila telah berhasil dalam proses perkawinan kedua burung akan gemetar dan mendongakkan kepala keatas menandakan telah ejakulasi dan orgasme.

  • Selama proses perkawinan selalu sediakan sayur dan telor puyuh untuk mendapatkan kualitas anakan yang sehat dan cerdas. Setelah lebih kurang 5 hari proses perkawinan burung betina akan mencari sangkar maka siapkanlah sangkar agar burung segera bertelor. Kenari betina akan bertelor 2,3 atau empat butir Proses pengeraman adalah 14 hari atau sekitar 2 minggu.

  • Selama proses pengeraman si Kenari jantan boleh diambil asalkan si betina merasa tidak terganggu dengan bukti bahwa kenari betina tidak beranjak dari sangkar eramannya.lihat situasi, bila kenari betina meninggalkan sangkarnya sampai setengah hari saja maka kembalikan saja kenari jantannya. agar proses pengeraman berhasil.

  • Selama proses pengeraman telor, ingat betina kenari tetap membutuhkan makan dan minum. jadi, harus tetap dijaga makan dan minumnya, serta dijaga dari gangguan semut, tikus dan kucing, letakkan ditempat yang tenang dan aman, serta tidak terlalu panas.

  • Meletakkan burung mengeram ditempat yang panas karena atap dari seng yang pengap bisa menyebabkan induk kenari mati dalam sarang eraman.
  • Setelah dua minggu telor akan mulai menetas, persiapkan makanan suplemen untuk kenari anakan ini dengan memberi telor puyuh atau ekstra cd kenari yang dijual di toko pakan kenari.

  • Ada juga yang memberi makanan ektsra untuk kenari muda dengan susu untuk bayi manusia, hal ini tergantung insting anda saja. Anak kenari setelah berumur 2 minggu sudah terlihat bulunya sudah boleh dikenalkan dengan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D dan agar pertumbuhan tulang burung lebih cepat dan sehat. namun cukup 1 atau 2 jam saja di pagi hari sekitar pukul 6 atau 7.

  • Setelah berumur 25 hari biasanya anakan kenari mulai belajar makan sendiri, bila telah bisa makan telor puyuh saja maka induk kenari sudah boleh dikawinkan lagi namun lihat juga situasi bila kenari indukan telah terlihat birahi bila mendengar suara burung jantan berkicau. 

  • Dari usia 0 sampai 40 hari usahakan telor puyuh untuk anakan tidak telat karena itu makanan yang mudah dicerna olehnya. Setelah anakan benar benar bisa makan sendiri maka indukan sudah boleh dipisahkan agar lebih mudah memantau perkembangan kenari muda

  • Bedakan kenari jantan dan betina muda dari usia 1 bulan, bila kenari terlihat ngeriwik panjang dipagi hari itu adalah kenari jantan, atau lihat saja sumbu atau pen di bawah ekor, bila panjang itu menandakan jantan sedangkan betina tidak ngeriwik juga tidak panjang sumbu/pen nya. proses ini butuh pengamatan selama beberapa waktu lamanya.

  • Segera kawinkan indukan bila telah birahi agar secara bisnis anda akan lebih untung, karena bila tidak segera dikawinkan maka induk bisa bertelor nganggur tanpa dikawin sehingga tidak akan pernah menetas.

  • Bila ingin menjualnya, setelah berumur 40 hari,bulu telah komplit, telah bisa makan sendiri maka kenari sudah bisa dijual ke pasaran atau teman teman anda sendiri. Biasanya bila indukan adalah burung juara maka anak yang dihasilkan tidak akan jauh berbeda, namun hal ini juga butuh perawatan yang baik agar menghasilkan burung juara kontes.