Monday, February 13, 2012

Walik Kembang ( Ptilinopus melanospilus )


Walik Kembang atau dalam nama ilmiahnya Ptilinopus melanospilus adalah sejenis burung yang terdapat di dalam suku burung merpati Columbidae. Burung Walik Kembang berukuran sedang, dengan panjang mencapai 24cm.

Spesies ini memiliki bulu berwarna hijau dengan paruh dan iris mata berwarna kekuningan. Jantan dewasa memiliki kepala abu-abu, tengkuk hitam, tenggorokan kuning, perut bagian bawah kuning emas dan penutup ekor bawah merah muda. Betina dan burung muda memiliki bulu yang hampir keseluruhan berwarna hijau.
Populasi Walik Kembang tersebar di Indonesia, Malaysia dan Filipina. Di Indonesia, spesies ini ditemukan di hutan dataran rendah dan perbukitan kepulauan Sunda Kecil, pulau Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara Barat dan pulau-pulau disekitarnya.
Pakan burung Walik Kembang terdiri dari aneka buah-buahan, beri dan ficus. Burung betina biasanya menetaskan sebutir telur berwarna putih.
Spesies ini memiliki daerah sebaran yang luas dan masih sering ditemukan di habitat aslinya. Walik Kembang dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List.