Friday, February 10, 2012

Punai Lengguak ( Treron curvirostra )

Punai Lengguak (Treron curvirostra) adalah spesies burung pada famili Columbidae. Mereka dapat ditemukan di Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja,Cina, Hong Kong, India, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam . Di Kalimantan Barat, punai ini mempunyai sebutan punai oto.Burung ini penetap dan tidak dilindungi oleh Indonesia.

Panjangnya, 27 cm.Burung yang jantan mempunyai paruh yang berwarna kuning. Bagian bawahnya berwarna merah. Itu dapat dilihat pada musim berbuahpohon ara dan punggung dan penutup atas sayap merah-coklat (betina:hijau gelap). Tubuh bagian bawah hijau kekuningan, sayap kehitaman dengan garis kuning tebal dan bulu tepi kuning.



Bagian lainnya abu-abu dengan garis hitam pada bagian tengah, bagian sisi hijau bergaris-garis putih, penutup ekor bagian bawah coklat kemerahan. Suara mereka mirip punai kecil, tetapi kurang meratap dan lebih terpotong-potong.



Saat makan dalam kawanan besar, sering terlihat terbang berpindah-pindah pada tajuk pohon yang rendah, di hutan dataran rendah sampai ketinggian 200 mdpl.Mereka makan bersama dengan kelompok punai yang lain