Tuesday, July 17, 2012

Biji Bunga Matahari / Kwaci

Biji Bunga Matahari / Kwaci

BIJI BUNGA MATAHARI / KWACI

Foto : ngobrolaja.com

Bunga Matahari

Biji bunga matahari diambil dari bunga matahari. Tanaman ini mudah ditemui. Disebut bunga matahari karena bunga tersebut ketika merekah berukuran besar dengan berwarna kuning cerah seperti matahari. Pada siang hari, bunga tersebut selalu menghadap ke arah matahari bergulir. Pada malam hari, bunga ini tertunduk ke bawah.

Tanaman bunga matahari tumbuh subur di daerah pegunungan karena memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Pohonnya tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut. Banyak orang yang menganggap bahwa tanaman berumur pendek ini sebagai tanaman hias belaka. Bentuk dan warna bunganya memang sangat menarik hati dan indah untuk dipandang mata.

Biji bunga matahari juga merupakan sumber asam lemak omega-6 yang sangat baik. Omega-6 berperan penting untuk mengatur kerja kardiovaskuler, seperti tekanan darah, kadar kolesterol, fungsi hormonal, kekebalan tubuh, serta pembentuk membran sel dan sel-sel syaraf.

KANDUNGAN GIZI PER  100 gr BIJI BUNGA MATAHARI
1.    Vitamin E    50,2 mg
2.    Vitamin B1 (Thiamin)   2,27 mg
3.    Mangan    2,02 mg
4.    Magnesium    354 mg
5.    Tembaga    1,75 mg
6.    Triptofan    0,27 mg
7.    Selenium    59,49 mcg
8.    Fosfor    705 mg
9.    Vitamin B5    6,74 mg
10.    Asam Folat    227,3 ?g

Sumber :  reyrahayu.wordpress.com

Foto : ruangbacaonline.blogspot.com

Manfaat Biji BUnga Matahari

Biji bunga matahari atau yang selama ini lebih akrab kita sebut kuaci ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan lho!. Kandungan lemak dalam biji bunga matahari sangat tinggi, yakni sekitar 50%, dan jika dikonsumsi dengan susu atau hasil olahannya yang kaya akan protein, maka biji bungan matahari dapat menjadi makanan yang mengenyangkan bagi sel tubuh (dan sekaligus lezat tentunya…).

Kecukupan asupan makanan akan mencegah kelelahan karena terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Biji bunga matahari yang diketahui kaya protein, fosfor, lemak, potasium, magnesium, dan besi juga akan megeluarkan minyak apabila dihancurkan. Setelah dikupas, bahan tersebut juga dapat digunakan sebagai pengganti kacang tanah untuk taburan bubur ayam, sup, salad, atau yoghurt. Minyak biji bunga matahari juga mengandung asam likoleat yang berguna untuk mengurangi endapan kolestrol pada dinding pembuluh darah.

Karena kandungan itulah minyak biji bunga matahari juga sangat disarankan sebagai pengganti mentega. Sebab, pada mentega lebih banyak mengandung lemak padat. Kandungan besi dalam biji bunga matahari juga bermanfaat, yakni untuk mencegah penyakit anemia. Nah, makanya kalau pengen ngemil menyehatkan dan nggak pengen gendut, mending pilih aja camilan kuaci.

Sumber : Jawa Pos ; Sri Wahyuningsih MKes (direktur Akademi Gizi Surabaya) 1:48 PM 9/28/2008

NB : Perlu diingat penambahan biji bunga matahari Pada Pakan Lovebird jangan terlalu banyak mengingat kandungan lemaknya yang tinggi bila berlebihan dapat menyebabkan timbunan lemak pada Lovebird.